Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

KEGAGALAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 MOYO UTARA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL

Indra Zulfayanto (Universitas Islam Malang)
Surya Sari Faradiba (Unknown)
Alifiani Alifiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Abstrak : Metakognitif adalah kemampuan berpikir peserta didik dalam melakukan proses berpikir. Terdapat tiga aspek dalam metakognitif yaitu planning, monitoring dan evaluation. Aktivitas-aktivitas ini disebut sebagai strategi metakognitif yang dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Penggunaan strategi metakognitif ini merupakan metacognitive regulation dalam kemampuan metakognitif. Fokus penelitian ini adalah yaitu bagaimana kegagalan metakognitif peserta didik kelas VII SMPN 1 Moyo Utara dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah dua peserta didik kelas VII SMPN 1 Moyo Utara. Masalah matematika yang dijadikan kajian adalah masalah aritmatika social, yang menjadikan masalah tersebut menjadi masalah atau soal yang terbuka dan non-routine yang tidak mudah untuk diselesaikan. Analisis data dilakukan berdasarkan lembar hasil tes subjek. Setiap langkah diidentifikasi ada atau tidaknya indikator proses kemampuan metakognitif. Temuan dan pembahasan subjek dengan cuplikan wawancara dan lembar observasi  peserta didik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terjadinya kegagalan metakognitif pada kedua subjek yang mengarah pada jenis kegagalan metakognitif metacognitive blindness. Hal ini dapat dilihat temuan redflag pada subjek dalam aspek strategi metakognitif yang mengabaikan adanya redflag dalam tahap proses metakognitif. Sehingga menyebabkan kedua subjek mengalami kegagalan metacognitive blindness.Kata kunci: aritmatika sosial, kegagalan metakognitif, masalah matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...