Jurnal Berdaya Mandiri
Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Berdaya Mandiri (JBM)

JAJANAN TRADISIONAL GO ONLINE: SOSIALISASI MARKET PLACE BAGI PELAKU UMKM JAJANAN TRADISIONAL DI DESA TEMPURSARI KABUPATEN MADIUN

Septyana Luckyta Sari (Universitas PGRI Madiun)
Prima Utama Wardoyo Putro (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Masih minimnya pengetahuan masyarakat pelaku UMKM terhadap pemanfaatan teknologi dalam pemasaran menjadikan pemasaran produk UMKM kurang optimal, apalagi ditengah kondisi pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan pemanfaatan teknologi internet dalam pemasaran produk UMKM. Objek kegiatan pengabdian masyarakat adalah UMKM jajanan tradisional yang berada di Desa Tempursari Kabupaten Madiun. Kegiatan ini meliputi pengenalan teknologi sebagai media marketing, pembuatan logo usaha, pembuatan kemasan produk, dan pembuatan akun usaha UMKM pada market place. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahapan seperti: identifikasi masalah, survei lapangan, perencanaan kegiatan, implementasi kegiatan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Adapun indikator keberhasilan program ini adalah dengan mengukur tiga indikator seperti pengetahuan, sikap dan kesadaran, serta keterampilan. Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakannya kegiatan ini adalah: 1) Bertambahnya pengetahuan pelaku UMKM terkait manfaat pemasaran secara daring, 2) Mulai tumbuh sikap dan kesadaran pelaku UMKM tentang pentingnya teknologi dalam menjalankan bisnis mereka, 3) bertambahnya keterampilan pelaku UMKM dalam hal marketing berbasis daring serta adanya keterampilan dalam membuat kemasan produk yang menarik.

Copyrights © 2021