Jurnal Berdaya Mandiri
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Berdaya Mandiri (JBM: EDISI KERJASAMA STIE EKUITAS BANDUNG)

PELATIHAN PEMANFAATAN LMS EDMODO UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU MADRASAH DI KECAMATAN SUMENEP

Ibrahim Sani Ali Manggala (UIN Maulana Malik Ibrahim)
Taufiq Satria Mukti (UIN Maulana Malik Ibrahim)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Pembelajaran daring yang dilakukan saat ini menjadi kendala bagi guru terutama oleh guru Madrasah di Kecamatan Sumenep. Salah satu kendala yang dihadapi yaitu guru kerepotan dalam mengelola file tugas siswa yang selama ini proses pembelajarannya hanya menggunakan Whatsapp. Kendala tersebut merupakan tantangan yang perlu dihadapi oleh guru di masa pandemic ini. Tujuan diadakannya pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan bagaimana menggunakan LMS Edmodo dan melatih guru menggunakan Edmodo untuk menunjang proses pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah (1) ceramah, tanya jawab, dan diskusi yang digunakan untuk memberikan informasi dan penyampaian konsep-konsep penting yang berkaitan dengan LMS Edmodo, (2) pendampingan selama peserta praktek memanfaatkan Edmodo, (3) evaluasi pelaksanaan pelatihan ini. Hasil yang dicapai adalah 94% dari seluruh peserta mampu mengelola LMS Edmodo mulai dari memiliki akun, melengkapi profil pada akun Edmodo, dan memberikan instruksi aktivitas belajar utnuk siswa.

Copyrights © 2022