Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2022): August

Studi penggunaan LKPD-Elektronik konsep keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis: Study on the use of biodiversity concept LKPD-Electronics on learning outcomes and critical thinking skills

Lalu Anang Ilmy (SMP Islam Raudhatur Rahmah Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan)

Muhammad Zaini (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan)
Amalia Rezeki (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penggunaan teknologi harus lebih optimal, khususnya untuk menunjang pembelajaran di masa pandemi Covid 19. Pembelajaran konsep keanekaragaman hayati memerlukan LKPD yang bersifat elektronik agar bisa digunakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh LKPD elektronik terhadap hasil belajar kognitif (produk dan proses) dan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan soal pretest dan posttest, sedangkan data keterampilan berpikir kritis dianalisis secara deskriptif dengan kategorisasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan e-LKPD terhadap hasil belajar kognitif produk dan proses dengan sig. 0,000, dan keterampilan berpikir kritis peserta didik memperoleh rata-rata kategori baik. Abstract. The use of technology must be more optimal, especially to support learning during the Covid 19 pandemic. Learning the concept of biodiversity requires an electronic LKPD to be used online. This study aims to analyze the effect of electronic worksheets on students' cognitive learning outcomes (products and processes) and students' critical thinking skills on the concept of biodiversity. Cognitive learning outcomes data were obtained through quasi-experimental (quasi-experimental) pretest and posttest questions, while critical thinking skills data were analyzed descriptively by categorization. The results showed a significant effect of using e-LKPD on cognitive learning outcomes of products and processes with sig. 0.000, and students' critical thinking skills obtained an average of good categories. Keyword: E-LKPD; Liveworksheets; Learning Outcomes; Critical Thinking Skills; Biodiversity.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hafecspost

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Practice of The Science of Teaching Journal : Jurnal Praktisi Pendidikan (POSTJournal) membuka peluang bagi praktisi pendidikan, profesional, maupun akademisi untuk mempublikasikan artikel ilmiah di bidang praktik mengajar di kelas. POSTJournal terbit 2 kali per tahun pada bulan April, dan Agustus. ...