Global Journal Basic Education
Vol 1 No 4 (2022): November

HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V GUGUS VI KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO

Dewi Anjani (Universitas Negeri Makassar)
Rosmalah Rosmalah (Universitas Negeri Makassar)
Adnan K (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi yang bertujuan mengetahui gambaran interaksi teman sebaya, gambaran hasil belajar matematika dan hubungan interaksi teman sebaya dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Data penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 45 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 45 siswa. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan interaksi teman sebaya siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo termasuk dalam kategori sangat baik dan hasil belajar matematika siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo termasuk juga dalam kategori sangat baik serta terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan hasil belajar matematika siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo dalam kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...