Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional, yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas tinggi UPTD SDN 132 Inpres Lalang Tedong Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas tinggi yang berjumlah 123 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Nonprobability sampling yaitu sampling sistematis. Data dikumpulkan dengan instrument angket dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh pemanfaatan perpustakaan sekolah memiliki rata-rata 72.26 persentase 66% dengan kategori baik, dan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa memiliki rata-rata 73.6 dan persentase 74% dengan kategori baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistic inferensial menunjukkan nilai thitung = 2.69768 lebih besar (>) nilai ttabel = 1.68488 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas tinggi UPTD SDN 132 Inpres Lalang Tedong Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros.
Copyrights © 2022