Cakrawala Bahasa
Vol 10, No 1: EDISI MEI, 2021

STUDENTS’ STRATEGIES IN LEARNING ENGLISH IN THE NURSING DEPARTMENT AT SMK N 3 TIDORE KEPULAUAN

Nurdawati Muhammad (Universitas Khairun)
Asrul M. Syawal (Universitas Khairun)
Saiful Latif (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2021

Abstract

Peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitian. Peneliti membagikan link kepada siswa yang berisi kuesioner tentang persepsi siswa dalam strategi belajar kemudian siswa mengisi kuesioner melalui google form. Dari hasil tanggapan siswa maka hasilnya pun sudah otomatis masuk di goole form. Setelah itu peneliti menganalisis hasil tanggapan dari siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu sepuluh siswa di kelas tiga jurusan keperawatan di SMK N 3 Tikep. Hasil analisis menunjukan bahwa hanya 30% siswa saja yang memiliki strategi belajarnya sendiri, namun meskipun begitu mereka aktif dalam pembelajaran di kelas karna 70% dari mereka menjawab selalu. Berdasarkan hasil tanggapan dari siswa, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi belajar siswa adalah strategi pembelajaran metakognitif karena siswa mencoba untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, strategi pembelajaran meta-kognitif digunakan untuk mengawasi atau belajar bahasa langsung yang melibatkan berbagai proses, seperti perencanaan, memprioritaskan, menetapkan tujuan, dan manajemen diri. Peneliti menyimpulkan strategi meta-kognitif karena dilihat dari hasil tanggapan yang menjawab 80% dari mereka berusaha mendapatkan hasil belajar yang baik, untuk mendapatkan hasil belajar yang baik maka siswa harus merencanakan bagaimana bisa mendapatkan hasil belajar yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Cakrawala Bahasa is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by English Language Education Study, FKIP of Universitas Khairun. Cakrawala Bahasa is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education ...