Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 5 (2022): JAMSI - September 2022

Strategi Pemasaran Produk UMKM OK OCE ADMA Yogyakarta dengan Memanfaatkan Marketplace di Facebook

Eka Sulistyaningsih (Teknik Industi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Indonesia)
Endang Widuri Asih (Teknik Industi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Indonesia)
Argaditia Mawadati (Teknik Industi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Indonesia)
Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati (Teknik Industi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Indonesia)
Agus Hindarto Wibowo (Teknik Industi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Indonesia)
Windyaning Ustyannie (Institut Sains & Teknologi AKPRIND)
Rahayu Khasanah (Teknik Industi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Indonesia)
Bagas Robi Arjianto (Teknik Industi, Institut Sains & Teknologi AKPRIND, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Untuk dapat bertahan di era industri 4.0 dan masa pandemi, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus kreatif dan go online yaitu menggunakan teknologi digital dalam mengembangkan bisnisnya terutama pemasaran. Pemasaran dapat dilakukan melalui media sosial seperti Whatsapp, Facebook dan Instagram. Dengan demikian, diperlukan strategi pemasaran yang lebih baik dengan memanfaatkan media sosial agar jangkauannya lebih luas dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Pelatihan ini dilakukan untuk fokus pada strategi pemasaran melalui marketplace di Facebook. Dipilihnya Facebook karena pengguna Facebook merupakan pengguna media sosial terbanyak. Peserta pelatihan ini adalah Palaku UMKM yang tergabung dalam OK OCE Yogyakarta. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah dan praktik langsung menggunakan gadget masing-masing. Untuk peserta yang belum memiliki akun facebook, peserta dibimbing membuat facebook kemudian membuat iklan produk masing-masing di facebook marketplace. Setelah mengikuti pelatihan, kemampuan pelaku UMKM OK OCE dalam melakukan promosi meningkat. Sebanyak 100% peserta menyatakan akan melakukan promosi melalui facebook marketplace.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...