Pelatihan berarti suatu perubahan yang sistematis dari knowledge, skill, attitude dan behaviour yang terus mengalami peningkatan yang dimiliki oleh setiap taruna, sedangkan motivasi belajar adalah dorongan yang timbul baik dari dalam maupun dari luar diri taruna yang mampu menimbulkan semangat dan kegairahan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan International Safety Management (ISM) Code dan motivasi belajar taruna terhadap kompetensi taruna Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ada Taruna 4 Prodi di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta yang mengambil pelatihan International Safety Management Code. Dengan jumlah sampel 140 orang taruna. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji regresi serempak (F-test) dan uji regresi parsial (t-test). Proses perhitungan dibantu program aplikasi software IBM SPSS statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ISM Code dan motivasi belajar taruna berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kompetensi taruna. Pelatihan ISM Code dan motivasi belajar taruna mampu menjelaskan kompetensi taruna sebesar 74,1%. Sementara untuk 25.9% kompetensi taruna dipengaruhi oleh variabel selain pelatihan dan motivasi.
Copyrights © 2022