Mahasiswa tahun pertama mengalami masalah dalam penyesuaian diri pada tuntunan akademik yang menyebaban kondisi stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi dzikir dalam bentuk shalawat dalam mengatasi stress akademik dengan desain pra eksperimental. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 mahasiswa yang dipilih dengan metode purposive sampling. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur skor pretest dan skor post-test adalah The Depression, Anxiety and Stress Scale - 21 Items (DASS-21) yang telah dimodifikasi. Berdasar hasil analisis menggunakan paired samples t-test ditemukan bahwa nilai signifikansi (0,000) < α (0,05), maka Ho ditolak berarti ada hubungan antara skor stres akademik pre-test dan post-test setelah pemberian terapi dzikir, dengan hubungan 0,619. Hasil ini menunjukkan adanya penurunan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama dengan terapi dzikir. Penelitian dapat dijadikan solusi bagi pemuda muslim dalam mengatas stress akademik.
Copyrights © 2021