Artikel ini membahas tentang relefansi Reward dan Punishment dalam proses Pembelajaran. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini ialah; 1) bagaimana proses penggunaan Reward and Punishment di sekolah, 2) sejauh mana relevansi penggunaan reward an punishment dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini ialah; 1) Hasil penelitian menyatakan bahwa proses penggunaan Reward and Punishment di MTs Nurul Jadid Sidayu Gresk sudah tergolong sudah baik dan rutin terprogram dalam penggunaanya siswa maupun siswi meraa termotivasi dan tertarik dengan menggunakan Reward and Punishment dalam kegiatan proses belajar mengajar. 2) Penggunaan reward dan punishment saat ini masih tergolong relefan dan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran, namun perlu diketahui tidak semua permasalahan yang terjadi di sekolah/kelas haris diberikan melalui punishment, melainkan melalui kegiatan positif yang lain seperti membaca qur’an dan sholawat
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021