Perbaikan kualitas suatu pendidikan ditentukan dari penyiapan SDM untuk berpartisipasi pada sistem pendidikan. Kinerja guru merupakan salah satu dari faktor yang dapat menentukan baik buruknya kualitas hasil belajar dan menempati posisi yang penting. Oleh karena itu, segala upaya perbaikan kualitas pendidikan harus memberi perhatian yang besar pada peningkatan jumlah dan kualitas guru. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pendekatan ini melihat sebagai multidimensi, utuh dan berubah. Dengan cara ini, penelitian dapat dilanjutkan sepanjang proses, memungkinkan modifikasi konsep berdasarkan situasi dan keadaan sekarang ini. Oleh karena itu, penelitian ini akan memberikan penjelasan tentang gejala yang diamati. Tidak harus dalam bentuk angka. Pemimpin menggerakkan anggotanya agar lebih kreatif, berani untuk menyampaikan pendapat, dan memecahkan masalah dengan memakai pendekatan lain yang menggunakan kebijaksanaan serta akal fisik. Seorang pemimpin yang kompeten bisa mendukung serta memelihara hubungan yang solid dengan anggota untuk secara konsisten memperbaiki kinerjanya Strategi kepala sekolah untuk peningkatan keterampilan guru di SMP Negeri 1 Pamanukan ialah meningkatkan tenaga pendidik dengan kerjasama, memberikan kesempatan kepada guru untuk memajukan profesinya, dan mendorong partisipasi seluruh tenaga pendidik dalam berbagai pekerjaan di sekolah. Kepala sekolah menggunakan sejumlah taktik untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, termasuk mendorong guru untuk berpartisipasi dalam kegiatan proses pembelajaran, membantu mereka dalam persiapan sumber belajar, dan menerapkan pembinaan terstruktur dalam proses pembelajaran.Kata Kunci : Pemimpin, Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022