PeTeKa
Vol 5, No 3 (2022): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS

Yurni Yurni (Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat. Jln. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25111)
Sofia Edriati (Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat. Jln. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25111)
Satrio Junaidi (Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Sumatera Barat. Jln. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25111)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang valid dan praktis pada mata pelajaran dasar desain grafis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap pengembangan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Instrument penelitian ada 2 macam yaitu instrument validitas dan instrument praktikalitas. Pengujian validitas melibatkan pakar materi desain grafis dan pakar multimedia. Uji praktikalitas melibatkan guru dan 15 siswa kelas X Multimedia SMKN 3 Mukomuko. Hasil analisis data menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif Dasar Desain Grafis sudah valid dari aspek instruksional dan aspek tampilan, serta sudah praktis dan layak digunakan untuk pembelajaran dasar desain grafisĀ 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...