Natural Science Education Research (NSER)
Vol 1, No 2 (2019): Natural Science Education Research

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBANTUAN WAYANG DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Sari, Dewi Putri Puspita (Unknown)
Muharrami, Laila Khamsatul (Unknown)
Hadi, Wiwin Puspita (Unknown)
Munawaroh, Fatimatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan wayang dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs. Bangkalan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent control group design . Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Mts.Bangkalan. Sampel yang digunakan adalah kelas VII H sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII G sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data pengujian hipotesis pengaruh pembelajaran IPA menggunakan Uji t sampel bebas dengan desain Nonequivalent control group design dengan program  SPSS versi 16.00. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: ada pengaruh model pembelajaran CTL berbantuan wayang pada materi pencemaran lingkungan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t sampel bebas, yakni dengan signifikan 0,002 kurang dari 0,05 dengan nilai t-thitung kurang dari ttabel kurang dari thitung yaitu -3,281 kurang dari 2,004 kurang dari 3,281.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...