Natural Science Education Research (NSER)
Vol 5, No 1 (2022): Natural Science Education Research

UJI KELAYAKAN E-CERPEN MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Kameliyah Kameliyah (Unknown)
Nur Qomaria (Unknown)
Laila Khamsatul Muharrami (Unknown)
Yunin Hidayati (Unknown)
Aida Fikriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-cerpen berbantuan flip PDF professional dalam pembelajaran IPA. Media e-cerpen dikembangkan fokus pada materi pencemaran lingkungan untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Desain pengembangan yang digunakan yaitu desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam proses pengambilan data yaitu lembar validasi media, angket keterbacaan siswa, dan tes pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata validitas aspek media media sebesar 89,13% dengan kategori sangat valid, dan rata-rata reliabilitas sebesar 94,25% dengan kategori reliabel. Rata-rata validitas aspek materi sebesar 91,8% dengan kategori sangat valid, dan rata-rata reliabilitas sebesar 96,66% dengan kategori reliabel. (2) Rata-rata hasil keterbacaan siswa sebesar 96% dengan kategori sangat baik dan (3) Rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 77,0 dengan kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...