Natural Science Education Research (NSER)
Vol 2, No 1 (2019): Natural Science Education Research

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS RISET

Arina, Hasyatul Arina (Unknown)
Munawaroh, Fatimatul (Unknown)
Rosidi, Irsad (Unknown)
Hidayati, Yunin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis riset terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam pembelajaran IPA. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 02 Blega dengan sampel kelas VIII-A dan VIII-B dengan menggunakan sampling insidental. Teknik analisis data menggunakan uji-t sampel bebas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampilan berpikir kritis, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 70,13% dan kelompok kontrol sebesar 54,25%. Hasil uji-t diketahui berdasarkan signifikan 0,003 kurang dari 0,05 sedangkan nilai thitung 3,147 dan ttabel 2,022 sehingga -thitung kurang dari  ttabel kurang dari  thitung  (-3,147 kurang dari  2,022 kurang dari  3,147) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis riset terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil persentase indikator keterampilan berpikir kritis yaitu interpretasi 75,00%, analisis sebesar 69,06%, evaluasi sebesar 78,57%, inferensi sebesar 65,48% dan eksplanasi sebesar 62,05% dengan rata-rata 70,13%  dan termasuk kategori keterampilan berpikir kritis yaitu tinggi. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,53 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,35 dengan kategori peningkatan yaitu sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...