Natural Science Education Research (NSER)
Vol 4, No 3 (2022): Natural Science Education Research

HUBUNGAN ANTARA VALIDITAS ITEM DENGAN DAYA PEMBEDA DAN TINGKAT KESUKARAN SOAL PILIHAN GANDA PAS

Sri Nurhalimah (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Yunin Hidayati (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Irsad Rosidi (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)
Wiwin Puspita Hadi (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan validitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran pada butir soal pilihan ganda PAS ganjil mata pelajaran IPA kelas VIII UPTD SMPN 5 Bangkalan tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII A, C, D, dan E UPTD SMPN 5 Bangkalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas item dan daya pembeda soal memiliki nilai yang sama besar. Sehingga menunjukkan adanya hubungan antara validas item dan daya pembeda soal, atau korelasi searah. Nilai indeks kesukaran yang besar tidak menunjukkan koefisien validitas item yang semakin besar sehingga tidak terjadi korelasi antara validitas item dengan indeks kesukaran, serta menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara validitas item dengan tingkat kesukaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...