Natural Science Education Research (NSER)
Vol 2, No 2 (2019): Natural Science Education Research

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTETIC (VAK) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Khasanah, Eka Kristanti Nur (Unknown)
Munawaroh, Fatimatul (Unknown)
Qomaria, Nur (Unknown)
Muharrami, Laila Khamsatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran VAK. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Padangan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran VAK terhadap pemahaman konsep mendapat nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 dengan rumus –thitung kurang dari ttabel kurang dari  thitung (-14,082 kurang dari 1,999 kurang dari 14,082) H0 ditolak dan  pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model VAK rata-rata persentase kelas eksperimen sebesar 77,50% sedangkan kelas kontrol sebesar 55,22%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...