Natural Science Education Research (NSER)
Vol 1, No 2 (2019): Natural Science Education Research

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Mustamiroh, Rizqiyatul (Unknown)
Hidayati, Yunin (Unknown)
Hadi, Wiwin Puspita (Unknown)
Muharrami, Laila Khamsatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbasis Open Ended terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design dan dilaksanakan di MTs. Masyhudiyah Kebomas Gresik dengan populasi semua kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dengan sampel yang diteliti dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen.Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbasis Open EndedĀ  terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil signifikansi 0,002 kurang dari 0,050 dan Zhitung kurang dariĀ Ztabel (-3,147 kurang dari -1,96 ) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan keterampilan berpikir kritis siswa sangat rendah dengan rata-rata ketuntasan indikator posttest kelas eksperimen sebesar 44,29%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...