Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbasis Open Ended terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design dan dilaksanakan di MTs. Masyhudiyah Kebomas Gresik dengan populasi semua kelas VII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dengan sampel yang diteliti dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen.Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbasis Open EndedĀ terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil signifikansi 0,002 kurang dari 0,050 dan Zhitung kurang dariĀ Ztabel (-3,147 kurang dari -1,96 ) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan keterampilan berpikir kritis siswa sangat rendah dengan rata-rata ketuntasan indikator posttest kelas eksperimen sebesar 44,29%.
Copyrights © 2019