Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran mobile learning menggunakan BOT telegram pada mata pelajaran IPA SMP yaitu pada materi tekanan zat yang layak digunakan dalam pembelajaran serta mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media tersebut. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan mengacu pada model ADDIE Branch yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini ialah 25 siswa kelas VIII A tahun ajaran 2021/2022 dari MTs.Masyhudiyah Giri, Kec. Kebomas, Kab. Gresik, Jawa Timur. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kelayakan media dari hasil validasi media diperoleh rata-rata skor validitas sebesar 0,96 yang berarti sangat valid dan reliabilitas sebesar 97,02% yang berarti sangat reliabel. Hasil validasi materi diperoleh rata-rata skor validitas sebesar 0,95 yang berarti sangat valid dan reliabilitas sebesar 95,54% yang berarti sangat reliabel. Kemudian respons siswa terhadap media pembelajaran mobile learning menggunakan BOT telegram didapatkan skor presentase sebesar 85,25% yang berarti sangat baik. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning menggunakan BOT telegram materi tekanan zat sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan mendapatkan respons yang sangat baik dari siswa.
Copyrights © 2022