Motivasi merupakan salah satu faktor yang penting mempengaruhi belajar dan Hasil belajar. Seseorang yang memiliki motivasi mempunyai kecenderungan untuk mencurahkan segala kemampuannya untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa akan mendorong siswa belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat, sehingga hasil belajarnyapun meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X dan XI IPA SMA pada pelajaran Biologi di Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei, dalam hal ini menggunakan angket motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April -Mei 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPA di kota Surabaya sebanyak 8 SMA terdiri dari 4 SMA Negeri dan 4 SMA Swasta dengan total jumlah responden 2.663 siswa. Data berupa hasil pengukuran motivasi belajar siswa pada pelajaran Biologi SMA kelas X dan XI IPA dari perhitungan empat aspek yaitu attenttion, relevance, confidence, dan satisfaction. Hasil menunjukkan bahwa empat aspek motivasi yang diukur pada penelitian ini, yaitu aspek attention, relevance, confidence, dan satisfaction seluruhnya masih termasuk dalam kategori cukup baik.
Copyrights © 2018