Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 2 SIDOGEDE TAHUN AJARAN 2020/2021

Naenul Muna (Unknown)
Muhamad Chamdani (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Sidogede. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknis pembelajaran online tergolong rendah ditunjukkan dengan adanya sarana dan prasarana yang digunakan dalam melakukan pembelajaran online dan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Teknis pembelajaran online tergolong rendah yang meliputi pembuatan jadwal pembelajaran online mata pelajaran matematika, menyusun RPP online, dan menyiapkan bahan/media/sumber belajar daring. Evaluasi pembelajaran tergolong rendah dalam melaksanakan pembelajaran online mata pelajaran matematika kelas V SD seperti inisiatif belajar mandiri untuk mengetahui lebih jauh materi yang disampaikan oleh guru, sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, sikap disiplin terhadap tugas yang diberikan guru, dan keterampilan dalam memecahkan masalah matematika pada pembelajaran daring. Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Sidogede tergolong rendah dalam indikator yang telah ditetapkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...