Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SEKECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/2021

Cita Ainun Rahmi (Sebelas Maret University)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Unknown)
Muhamad Chamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dan mengetahui besarnya sumbangan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 321 siswa yang dipilih secara acak dengan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Hasil penelitian ini menyimpulkan terdapat korelasi positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai (R Square) sebesar 0,763. Fasilitas belajar dan motivasi belajar memberikan sumbangan terhadap hasil belajar matematika sebesar 58,2% dan sisanya sebesar 41,8% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata kunci: fasilitas belajar, motivasi belajar, hasil belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...