Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 3 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 38 LUBUKLINGGAU

Larasati, Destia (Unknown)
Mulyono, Dodik (Unknown)
Yuneti, Armi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau setelah penerapan model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan eksprimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa yang diambil sebagai sampel adalah kelas IV yang berjumlah 30 diambil dengan teknik sampling jenuh. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk uraian sebanyak 10 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji -Z. Berdasarkan hasil analisis uji -Z data tes akhir pada taraf signifikan α=0,05 jadi diperoleh(8.22) ≥ . Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 38 Lubuklinggau setelah penerapan model Think Pair Share (TPS) secara signifikan tuntas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...