TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial
Vol 1, No 02 (2022): Vol. 01 No. 02 2022 (September)

PENGARUH INTERAKSI GURU TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA JURUSAN ILMU-ILMU SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI OLAHRAGA PROVINSI RIAU

akmal, akmal (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)
Zaswita, Hermi (Unknown)
Suhertina, Suhertina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi guru dan siswa terhadap perilaku sosial siswa jurusan ilmu-ilmu sosial di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu dianalisis dengan dua cara yakni analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis korelasi product moment yang dilanjutkan dengan analisis koefisien diterminasi untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara interaksi guru dan siswa terhadap perilaku sosial siswa. Hasil penelitian menunjukan Interaksi guru pada siswa sebesar 76,48%. Artinya, bahwa interaksi guru pada siswa dikategorikan “baik” karena berada pada rentang interval 61% - 80%. Hasil pada Perilaku sosial siswa pula menunjukan sebesar 78,23%. Artinya bahwa perilaku sosial siswa tergolong baik karena berada pada rentang interval 61% - 80% dikategorikan “baik”. Kemudian, untuk hasil pengaruh interaksi guru terhadap perilaku sosial siswa dilihat dari r hitung > r tabel (0,159<0,683> 0,210) menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Persentase sumbangan pengaruh interaksi guru terhadap perilaku sosial siswa jurusan ilmu-ilmu sosial sebesar 46,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.  Kata kunci: Interaksi Guru, Perilaku Sosial, Pembelajaran IPS

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TsN

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

The Tsaqifa Nusantara is an open-accessed journal served as a medium of publishing scientific articles by Department of Tadris IPS, Faculty of Education and Teacher Training UIN Sultan Syarif Kasim Riau. The articles, which are published by this journal are the outcomes of researches and the ...