Jurnal Karya Abdi Masyarakat
Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Karya Abdi Masyarakat

Penerapan Pembelajaran Interaktif Melalui Kukerta Terintegrasi dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Sekolah Dasar Negeri 002 Desa Tambak Kabupaten Pelalawan

Prianto, Eko (Unknown)
Sitinjak, Yuannito Rick Yorda (Unknown)
Fahreza, Rizki (Unknown)
Sinaga, Owen Rivaldi (Unknown)
Putri, Melza Adika (Unknown)
Oktaviana, Della (Unknown)
Simanjuntak, Mega Sri Devi (Unknown)
Guritno, Wulan (Unknown)
Sofian, Alifa Khansa (Unknown)
Yela, Yayang Febri (Unknown)
Amelia, Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang didirikan dengan tujuan untuk membantu peningkatan dan perkembangan taraf kehidupan melalui pendidikan. Sekolah memiliki peranan yang cukup besar dalam melahirkan pemikir dan pemimpin bangsa yang akan membawa kepada kemajuan. Sekolah Dasar 002 Desa Tambak menjadi tempat yang dipercaya oleh masyarakat untuk mengantarkan putra-putrinya mengenyam pendidikan yang layak. Untuk lebih mengoptimalkan dan meningkatkan mutu pendidikan yang diberikan, maka diperlukan usaha-usaha pemberdayaan. Salah satu usaha yang dilakukan adalah memberikan pelatihan penggunaan aplikasi media pembelajaran yang interaktif dan kekinian. Tujuan dari pengabdian ini sendiri antara lain yaitu, a) menambah pengetahuan, keterampilan, dan kreatifitas para guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, b) membantu para guru untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif, c) memanfaatkan kemajuan teknologi untuk diaktulisasikan ke dalam proses pembelajaran untuk menciptakan siswa-siswa yang berprestasi. Pemberdayaan ini akan memberikan manfaat positif yang berkepanjangan bagi guru, siswa, dan masyarakat Desa Tambak secara keseluruhan. Kegiatan pengabdian ini pula juga memberikan manfaat kepada tenaga penyuluh dan Perguruan Tinggi. Sasaran dari kegiatan ini adalah majelis guru SDN 002 Desa Tambak, dan dari hasil kegiatan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa para guru memiliki antusias yang tinggi untuk menggunakan aplikasi belajar dan mampu untuk menggunakannya sebagai salah satu media belajar yang efektif kedepannya. Dengan adanya KUKERTA terintegrasi ini kemampuan guru terkait metode pembelajaran yang lebih baik dapat ditingkatkan lagi. Ini menujukkan bahwa sentuhan Iptek melalui KUKERTA terintegrasi mampu mengakselerasi kemampuan guru didalam belajar mengjar di SDN 002 Desa Tambak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKAM

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

Jurnal Karya Abdi Masyarakat (JKAM) adalah jurnal yang diterbikan oleh LPPM Universitas Jambi untuk mempublikasikan dan meyebarluaskan tulisan dan artikel pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh akademisi, praktisi dan mahasiswa dengan tujuan agar dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi ...