Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi
Vol. 5 No. 2 (2021): Volume 5, Issue 2, Desember 2021

Model Fungsi Produktivitas dan Risiko Produksi Usaha Tani Padi Sawah Di Kabupaten Kerinci

Nainggolan, Saidin (Unknown)
Fitri, Yanuar (Unknown)
Malik, Adlaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Respon produksi, fungsi risiko produksi. Lokus penelitian dilakukan di Kecamatan Keliling Danau kabupaten Kerinci. Desa sampel terdiri dari Desa Desa Semerap, Desa Pulau Tengah, dan Desa Lempur Danau. Ukuran populasi ada sebanyak 1.576 petani. Ukuran sampel mengunakan Metode Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 91 petani. Penarikan sampel mengunakan dengan Metode Simple Random Sampling dengan mengunakan tabel acak. Metode analisis data mengunakan fungsi produksi Coob-Douglass dan fungsi risiko produksi Just and Pope. Hasil estimasi presisi model fungsi produksi actual Adj. R2 = 0,92357. Presisi model fungsi produksi optimal Adj R2= 0,93635 skala produksi Ya; Ɛβi=0,6782 artinya decreasing of return to scale. Skala produski potensial (Yopt); Ɛβi=1,5127. Faktor determinan respon produksi ditentukan pupuk Urea, pupuk Organik dan luas lahan. Presisi model fungsi risiko Adj.R2 =9,543. Input produksi benih dan tenaga kerja tergolong risk increasing factor sedangkan luas lahan, pupuk Urea, pupuk SP36, pupuk KCl, pupuk Organik, dan Pestisida tergolong risk reducing factor. TE= 0,6356 <0,7 tergolong rendah, peluang peningkatan produksi sebesar 36,44 %. Peningkatan produksi dan mengurangi risiko produksi dapat dilakukan dengan alokasi input produksi optimal. Faktor social ekonomi berpengaruh terhadap meningkatnya inefisiensi teknis tetapi tidak signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIITUJ

Publisher

Subject

Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JIITUJ publish the result of research on applied science and education (Research of applied science and education) such as: the research result on applied science and education such as curriculum development and learning, character education, technology and instructional innovation, and learning ...