Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 5 No. 2 (2022): Juli 2022

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 17 PARITTIGA

Sani, Novi (Unknown)
Murniviyanti, Liza (Unknown)
Pratama, Aldora (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Setelah dilakukan observasi ditemukan permasalahan yaitu kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri 17 Parittiga, belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media film animasi terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SD Negeri 17 Parittiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD Negeri 17 Parittiga. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan media film animasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. berdasarkan hasil uji t terdapat thitung = 4,039 > ttabel = 2.045 dan dengan nilai signifikan < 0,05 maka H0  ditolak, yang artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media film animasi terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 17 Parittiga.    

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...