Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 5, No 2 (2022): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Peranan Budaya Sekolah Islam Terpadu Dalam Membentuk Penguatan Pendidikan Karakter (Penelitian Deskriptif Terhadap Siswa di SDIT Persis 99 Rancabango Tahun Ajaran 2020-2021)

Siti Lisnawati (Unknown)
M. Ramdan (Unknown)
Muhamad Nurjamaludin (Unknown)
Eka Setiawan (Unknown)
Farid Jaya Wazdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeksripsikan bagaimana peran budaya sekolah Islam terpadu diSDITPersis99RancabangopadasiswakelasII-IV;(2)mengetahuiprosespembentukankarakterreligius, disiplin, peduli sosial dan gemar membaca melalui budaya sekolah Islam. Penelitian ini adalahpenelitian kualitatif,analisis data dalam penelitianyaituteknikanalisis deskriftif.Subjek penelitianadalah kepala sekolah, guru umum dan guru PAI dari kelas II-VI, siswa dari kelas II- VI, orang tua siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancara,observasi,dokumentasidanangket.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksidata, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa budayasekolah islam di SDIT Persis 99 Rancabango telah terlaksana dengan baik melalui pembiasaan darikegiatankeislaman.Pembentukankaraktersiswaterlihatdaritingkahlakusiswasetiaphariyangdilakukan melalui budaya sekolah Islam. Sekolah yang memiliki budaya sekolah Islam sangat berperandalam membentuk penguatan pendidikan karakter siswa terutama karakter religius, peduli sosial, disiplindangemar membaca.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...