Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeksripsikan bagaimana peran budaya sekolah Islam terpadu diSDITPersis99RancabangopadasiswakelasII-IV;(2)mengetahuiprosespembentukankarakterreligius, disiplin, peduli sosial dan gemar membaca melalui budaya sekolah Islam. Penelitian ini adalahpenelitian kualitatif,analisis data dalam penelitianyaituteknikanalisis deskriftif.Subjek penelitianadalah kepala sekolah, guru umum dan guru PAI dari kelas II-VI, siswa dari kelas II- VI, orang tua siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancara,observasi,dokumentasidanangket.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksidata, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa budayasekolah islam di SDIT Persis 99 Rancabango telah terlaksana dengan baik melalui pembiasaan darikegiatankeislaman.Pembentukankaraktersiswaterlihatdaritingkahlakusiswasetiaphariyangdilakukan melalui budaya sekolah Islam. Sekolah yang memiliki budaya sekolah Islam sangat berperandalam membentuk penguatan pendidikan karakter siswa terutama karakter religius, peduli sosial, disiplindangemar membaca.
Copyrights © 2022