JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Meta Analisis Pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika

Suhardiman Suhardiman (UIN Alauddin Makassar)
Nur Asni (UIN Alauddin Makassar)
Andi Ika Prasasti Abrar (UIN Alauddin Makassar)
Ummul Hasanah (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Meta-Analisis yang bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET terhadap hasil belajar dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah Meta Analisis, dengan populasi dan sampel penelitian adalah artikel ilmiah yang telah dipublikasikan melalui google scholar, berskala nasional membahas Media Simulasi E-Learning PhET terhadap hasil belajar fisika, pada tahun 2016-2022. Hasil penelitian diperoleh: 1) Penerapan media simulasi E-Learning PhET pada jenjang pendidikan diperoleh nilai effect size pada jenjang SMP lebih tinggi dibanding jenjang pendidikan SMA, 2) Penerapan media simulasi E-Learning PhET diperoleh nilai effect size jenis penelitian quasi eksperimen lebih tinggi dibanding true eksperimen 3) Penerapan media simulasi E-Learning PhET terhadap hasil belajar memiliki efek tertinggi pada materi suhu dan kalor.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...