Padaringan : Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi
Vol 4, No 3 (2022): September 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Prezi pada Materi Operasi Hitung Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar

Diki Kurniawan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Epon Nur’aeni L (Universitas Pendidikan Indonesia)
Syarip Hidayat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhammad Rijal Wahid Muharram (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbantuan prezi pada materi operasi hitung pecahan di kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tudi dokumentasi, penilaian para ahli saat validasi produk dan angket respon siswa pada saat uji coba. Berdasarkan validasi kepada para ahli mendapat penilaian 93,75% dari ahli materi dengan kriteria valid/ layak, 76,78% dari ahli pedagogik dengan kriteria valid/ layak, dan 76,78% dari ahli media dengan kriteria valid/ layak. Dari hasil angket respon siswa pada uji coba tahap I yang diisi oleh 22 siswa mendapatkan hasil 90,79% dengan kriteria sangat praktis dan dari hasil angket respon siswa pada uji coba tahap II yang diisi oleh 32 siswa mendapatkan hasil 94,21% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian media pembelajaran berbantuan prezi pada materi operasi hitung pecahan di kelas V sekolah dasar valid dan sangat praktis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

padaringan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Padaringan adalah Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari,Mei,dan September) oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi yang memuat tentang aspek : (1) Hasil Penelitian,(2) Opini, resensi buku maupun info pendidikan, sosiologi serta ...