Jambura Edu Biosfer Journal
Vol 4, No 2 (2022): Jambura Edu Biosfer Journal (JBEJ)

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP

Anita Sabara (Universitas Negeri Gorontalo)
Frida Maryati Yusuf (Pascasarjana UNG)
Jusna Ahmad (pascasarjana UNG)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas  perangkat pembelajaran berbasis STEAM berupa RPP, LKPD dan Tes Penguasaan konsep pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMPN 1 Kwandang dan SMPN 2 Kwandang. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata dari validator 96 % , LKPD memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata dari validator 97 % dan tes penguasaan konsep memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 97 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis STEAM pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan memenuhi kriteria valid untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edubiosfer

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, ...