Media Kesehatan Gigi : Politeknik Kesehatan Makassar
Vol 21, No 2 (2022)

Efektivitas Pillow Book dalam Promosi Kesehatan Gigi Anak Sekolah Dasar

Nugraheni Widyastuti (Poltekkes Kemenkes Makassar)
Hamsar Hasfat (Unknown)
Agus Supriatna (Poltekkes Kemenkes Makassar)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

ABSTRAK Karies gigi paling banyak ditemukan pada anak usia sekolah. Pengetahuan anak yang kurang merupakan salah satu diantara faktor penyebab kerusakan gigi. Efek dari ini mengakibatkan kesadaran anak dalam menjaga kesehatan gigi menjadi kurang. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan gigi yaitu dengan upaya promotive dengan promosi kesehatan melalui penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Pendidikan kesehatan gigi memerlukan media yang tepat. Diperlukan suatu inovasi untuk pengguanaan media yang terkini dan tepat untuk anak yaitu menggunakan inovasi media pillow book. Tujuan penelitian yaitu untuk menguji media pillow book dalam meningkatan pengetahuan dan sikap kesehatan gigi anak sekolah dasar. Metode penelitian digunakan yaitu quasi eksperimental dengan pre test and post test nonequivalent control group design. Tahapan penelitian yaitu pengukuran tingkat pengetahuan dan tindakan anak sebelum maupun sesudah penyuluhan menggunakan media pillow book pada kelompok intervensi sedangkan kelompok kontrol dengan flipchart.  Uji data normalitas dengan shapiro wilk, dilanjutkan dengan wilcoxon test dan mann-whitney test. Hasil uji efektivitas data berpasangan dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak menunjukkan bahwa nilai p-value kelompok intervensi adalah 0,000 (p <0,05) artinya pillow book efektif. Sedangkan pada kelompok kontrol adalah 0,180 (p >0,05) artinya media flipchart tidak efektif. Kesimpulan bahwa untuk meningkatan pengetahuan maupun sikap anak sekolah dasar lebih efektif menggunakan media pillow book  daripada media flipchart. Kata Kunci : Anak sekolah dasar; pillow book; promosi kesehatan gigi   ABSTRACT Dental caries is most found in school-age children. Lack of knowledge of children is one of the factors causing tooth decay. The effect of this results in less awareness of children in maintaining dental health. One way to improve dental health is through promotive efforts with health promotion through dental and oral health education. Dental health education requires the right media. An innovation is needed for the use of the latest and most appropriate media for children, namely using the pillow book media innovation. The aim of the study was to test the pillow book media in increasing the dental health knowledge and attitudes of elementary school children. The research method used was quasi-experimental with pre-test and post-test nonequivalent control group design. The stages of the research were measuring the level of knowledge and actions of children before and after counseling using pillow book media in the intervention group while the control group used flipcharts. Test data for normality with Shapiro Wilk, followed by Wilcoxon test and Mann-Whitney test. The results of the paired data effectiveness test in increasing children's knowledge and attitudes showed that the p-value of the intervention group was 0.000 (p <0.05) meaning that the pillow book was effective. Whereas in the control group it was 0.180 (p>0.05) meaning that flipchart media was not effective. The conclusion is that to increase the knowledge and attitudes of elementary school children it is more effective to use pillow book media than flipchart media. Keywords: Elementary school children; pillow book; dental health promotion

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mediagigi

Publisher

Subject

Dentistry Education Public Health

Description

Media Kesehatan Gigi : Politeknik Kesehatan Makassar [P-ISSN 2087-0051 | E-ISSN 2622-7061] adalah jurnal ilmiah yang berisikan artikel-artikel ilmiah yang berkaitan dengan bidang ilmu kesehatan gigi. Jurnal ini menjadi wadah publikasi bagi peneliti khususnya dosen dalam lingkungan jurusan ...