Sekolah Penggerak merupakan program Kemendibud yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan. Perangkat pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran pada kurikulum Merdeka Belajar. Pengetahuan dan pemahaman guru mengenai perangkat pembelajaran yang terintegrasi Profil Pelajar Pancasila masih dapat dikatakan belum maksimal. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan penguatan dan pemahaman tentang Profil Pelajar Pancasila serta implementasinya pada perangkat pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wonosolam pada 30 guru mata pelajaran dan muatan lokal. Metode pelaksanaan pengbadian terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Indikator keberhasilan dari kegiatan bahwa hasil angket lebih dari 75%. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sebanyak 76,67% guru-guru menyatakan paham terhadap Profil Pelajar Pancasila, sedangkan sebanyak 23,33% guru-guru menyatakan belum paham. Lebih lanjut, sebanyak 87% guru-guru menyatakan paham terhadap perangkat pembelajaran yang terintegrasi Profil Pelajar Pancasila, sedangkan sebanyak 13% guru-guru menyatakan belum memahami perangkat pembelajaran yang terintegrasi Profil Pelajar Pancasila. Adapun respon kegiatan, sebanyak 83,33% atau sebanyak 25 guru yang menyatakan senang terhadap kegiatan yang telah dilakukan oleh tim pengabdi, sedangkan sebanyak 16,67% atau sebanyak 5 guru yang memberikan respon netral terhadap kegiatan yang telah dilakukan. Terakhir, sebanyak 0% atau tidak ada guru yang menyatakan tidak senang terhadap kegiatan yang telah dilakukan. Dengan kata lain, kegiatan yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Wonosalam dikatakan berhasil dan sukses. Diharapkan adanya pengembangan softskill guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila secara berkelanjutan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022