Uji kepraktisan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD). Tujuan penelitian ini untuk menguji tingkat kepraktisan e-LKPD berbasis keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau research and development yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk dalam penelitian ini yaitu e-LKPD berbasis keterampilan proses sains yang peneliti telah kembangkan memuat pola KPS. Pola tersebut terdiri dari OIP (observasi, inferensi, dan prediksi), OKI (observasi, klasifikasi, dan inferensi), dan IDM3 (Identifikasi variabel, definisi operasional variabel, merumuskan masalah, menentukan hipotesis, menafsirkan data), yang diuji kepraktisan pada 3 guru dan 28 peserta didik di SMAN 14 Makassar. Instrumen penelitian terlebih dahulu dilakukan uji validasi produk. Terdiri dari 3 validator dengan menggunakan angket validasi produk dengan skala likert. Setelah dinyatakan valid kemudian dilanjutkan pada tahap uji kepraktisan. Penelitian ini menggunakan angket respon guru dan peserta didik yang memuat 10 butir pernyataan. Terdiri atas 4 aspek penilaian meliputi kelayakan isi, tampilan, bahasa dan manfaat dengan menggunakan skala likert. E-LKPD yang telah dikembangkan dapat di akses pada moodle dengan memanfaatkan aspek pembelajarannya berupa Learning management system (LMS). Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kepraktisan. Rata-rata nilai ini dirujuk pada interval penentuan tingkat kepraktisan e-LKPD Riduwan (2018). Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap kepraktisan e-LKPD berbasis keterampilan proses sains yaitu 89% dengan kategori sangat praktis dan respon guru terhadap kepraktisan e-LKPD berbasis keterampilan proses sains yaitu 88% dengan kategori sangat praktis. Sehingga e-LKPD berbasis keterampilan proses sains tersebut sangat praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022