EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran: Hambatan dan Solusi Selama Pembelajaran Daring

Abroto Abroto (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Ikhtiati Ikhtiati (University Sulthan Thaha Saifuddin, Indonesia)
Aninditya Sri Nugraheni (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Ririn Astuti (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Siti Aisyah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Siti Rahma Jalilah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Kebijakan pamerintah tentang lock down ini berlaku bagi seluruh ka langan masyarakat yang ada diindonesia termasuk juga sektor pendidikan sehingga pembelajaran harus dilakukan secara daring peraturan ini berlaku bagi setiap institusi dan lembaga Pendidikan di seluruh Indonesia. Namun dalam pelaksanaan perkuliahan daring berjalan tidak semulus yang diharapkan karena terkendala sama jaringan dan banyak mahasiswa yang berada di pedesaan dimana kualitas jaringan internetnya masih tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pendapat mahasiswa terhadap pembelajaran online, kelebihan dalam pembelajaran daring serta untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami selama dilakukannya pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang sifatnya fenomenologis untuk dapat menjawab bagaimana dan mengapa peristiwa itu terjadi. Data yang dikumpulkan diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sememntara analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Reduksi Data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, dampak yang dialami oleh mahasiswa dan dosen selama masa covid-19 yaitu perubahan cara belajar dari tatap muka menjadi daring. Kedua, hambatan yang dialami mahasiswa saat menjalankan kuliah daring sering sekali mengalami kendala terhadap jaringan internet yang tidak stabil sehingga mengganggu jalanya perkuliahan. Ketiga, mahasiswa merasa perkuliahan kurang maksimal karena merasa tidak efektif dengan kendala yang dialami. Keempat, terlepas dari semua kendala dalam kegiatan belajar terdapat juga hal positif dengan adanya pembelajaran daring ini yaitu para dosen dan mahasiswa memiliki kesempatan lebih besar untuk belajar lebih banyak tentang teknologi yang mendukung kemajuan dalam perkuliahan dengan memanfaatkan teknologi yang ada tanpa di batasi oleh ruang dan waktu

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...