Abstrak Tulisan ini membahas tentang fenomena living qur'an atas adegan ruqyah dalam film Roh Fasik yang diproduksi oleh RA Pictures pada tahun 2019. Adegan ruqyah dalam film Roh Fasik memiliki keunikan tersendiri dibanding film-film yang lain, yakni dimana seorang ustadz melantunkan ayat suci al-Qur’an dengan irama yang sangat merdu. Untuk mengetahui apa dasar penggunaan ayat ayat al-Qur’an dilantunkan dan mengapa ayat tersebut digunakan, peneliti menggunakan teori resepsi estetis dan fungsional yang diperkenalkan oleh Ahmad Rafiq. Hasil penelitian ini adalah: 1) Resepsi estetis terlihat pada saat proses ruqyah, ustadz Hasan dan Kemal melantunkan ayat suci al-Qur'an dengan irama Bayyati pada Surah al-Baqarah/2: 148, irama Nahawand pada Surah al-Baqarah/2: 255, irama Bayyati Kurdi pada Surah al-A'raf/7: 117-122, irama Rost pada Surah al-Ikhlas dan al-Falaq. Tujuannya sebagai media yang efektif bagi pasien untuk cepat bereaksi. 2) Resepsi fungsional pada aspek informatif berisi tentang keagungan Allah dan potensi manusia yang dapat menghadapi jin. Sedangkan resepsi fungsional pada aspek performatif, yaitu jin yang ada di dalam tubuh manusia tidak dapat bersembunyi dan melakukan tipu daya, serta jin tersebut dapat dikeluarkan dari tubuh manusia. Kata kunci: Film Roh Fasik; Living Qur’an; Ruqyah; Resepsi Abstract This paper discusses the living qur'an phenomenon of the ruqyah scene in the film Roh Fasik produced by RA Pictures in 2019. The ruqyah scene in the film Roh Fasik has its own uniqueness compared to other films, namely where an ustadz recites the holy verse al- Qur'an with a very melodious rhythm. To find out what is the basis for using the verses of the Qur'an and why they are used, the researcher uses the aesthetic and functional reception theory introduced by Ahmad Rafiq. The results of this study are: 1) Aesthetic reception is seen during the ruqyah process, ustadz Hasan and Kemal recite the holy verses of the Qur'an with the Bayyati rhythm in Surah al-Baqarah/2: 148, the Nahawand rhythm in Surah al-Baqarah/2: 255, Bayyati Kurdish rhythm in Surah al-A'raf/7: 117-122, Rost rhythm in Surah al-Ikhlas and al-Falaq. The goal is as an effective medium for patients to react quickly; 2) Functional reception on the informative aspect contains the majesty of Allah and the potential of humans who can face the jinn. While the functional reception is in the performative aspect, namely the jinn in the human body cannot hide and commit deceit, and the jinn can be removed from the human body. Keyword: Film Roh Fasik; Living Qur’an; Ruqyah; Reception
Copyrights © 2022