Berajah Journal
Vol. 2 No. 4 (2022): November

PERSEPSI SISWA TERHADAP BLENDED LEARNING

Suroto Suroto (Universitas Dinamika Bangsa)
Elvi Yanti (Universitas Dinamika Bangsa)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Blended learning merupakan pendekatan pembelajaran terintegrasi yang mengombinasikan efektivitas pembelajaran tatap muka dengan kemudahan dalam mengakses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model Delone & McLean yang telah di-update dalam memprediksi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran dengan metode blended learning. Model penelitian ini berdasarkan variabel-variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat yang dirasakan terhadap blended learning. Data diperoleh dari survei dengan 208 responden siswa SMA Negeri 8 Kota Jambi, dan kemudian data dianalisis menggunakan software SPSS untuk pengujian model penelitian dan pengujian hipotesis. Didapatkan hasil signifikan pada manfaat yang dirasakan siswa terhadap blended learning. Penggunaan model Delone & McLean memberikan acuan praktis bagi penyelenggara pendidikan untuk terlibat secara aktif dalam penggunaan media pembelajaran yang memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...