Jurnal Minda
Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Minda

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN SISWA KELAS III SDN 006 KARIMUN

Dirneti (Universitas Karimun)
Eka Lenggang Dianasari (Universitas Karimun)
Hilda Oktriyeni (Universitas Karimun)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal ini dilihat dari proses pembelajaran kurang bervariasi dan masih bersifat monoton, pembelajaran IPS yang dilakukan selama ini masih bersifat klasik belum menggunakan model pembelajaran yang tepat yang berkaitan dengan materi ajar diserai kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya materi Lingkungan alam dan buatan kelas III Sekolah Dasar Negeri 006 Karimun. penelitian ini adalah penelitian eksprimen semu (quasi eksperimental) dengan desain randomized control group pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas III SD Negeri 006 Karimun dengan sampel penelitian kelas III yang berjumlah 50 orang, yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelas eksprimen 25 siswa dan kelas kontrol 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes yaitu instrument hasil belajar mata pelajaran IPS. Hasil Pre-test kelas eksprimen 56.00 berbanding 61,04 kelas kontrol sedangkan hasil post-test kelas eksprimen dengan rata-rata 77,92 berbanding 67,20 kelas kontrol jika di lihat perbandingan Thitung> Ttabel (3,447 > 2,031) H0 ditolak maka Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka penggunaan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar sehingga tujuan mata pelajaran dapat dicapai secara maksimal

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mindafkip

Publisher

Subject

Education

Description

skop Jurnal MINDA yaitu Dunia Pendidikan Umum dan Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal MINDA diterbitkan 2 kali dalam setahun (Oktober dan ...