Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan komunikatif terhadap hasil bahasa indonesia pada materi melengkapi karangan menggunakan tanda baca. Populasi dalam penelitian ini kelas III SDN 007 Pamak yang berjumlah 26 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eskperimen, peneliti menggunakan Pendekatan Komunikatif sedangkan kelas kontrol peneliti menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Hasil dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Pendekatan Komunikatif terhadap hasil belajar bahasa indonesia pada materi melengkapi karangan menggunakan tanda baca (Siswa Kelas III SDN 007 Pamak Kabupaten Karimun). Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 2,2393 > ttabel 2,201. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh Pendekatan Komunikatif terhadap hasil belajar matematika pada materi perbandingan bilangan siswa kelas III (SDN 003 Teluk Air Kabupaten Karimun).
Copyrights © 2022