Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4, No 02 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

MANAJEMEN PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN METODE AL-SURASMANIYYAH PADA PONDOK PESANTREN TAHFIDH HABIBURROHMAN KOPO, BANDUNG, JAWA BARAT

Muh Faisal (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Tulisan ini menyimpulkan bahwa manajemen pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode al-Surasmaniyyah cukup relevan, karena waktu yang diperlukan agar mampu membaca al-Qur’an secara baik dan benar relatif singkat waktunya. Al-Qur’an al-Karim memberikan informasi bahwa mempelajari Al-Qur’an dijamin kemudahan oleh Dzat Yang Maha Kuasa Allah SWT yang menurunkan kitab suci al-Qur’an, walaupun pada kenyataannya bahwa manusia banyak yang buta huruf al-Qur’an terutama saat ini adalah umat Islam Indonesia 65 % buta huruf al-Qur’an. Kehadiran Metode Al-Surasmaniyyah merupakan bagian penting dalam hal memberikan kemudahan dalam mempelajari bacaan al-Qur’an, agar mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar, sebuah upaya yang telah dilakukan oleh penulisnya mengadakan penelitian kurang lebih 25 tahun. Di mana saat ini Metode Al-Surasmaniyyah merupakan metode yang sudah final dalam rangka mengantarkan umat Islam mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar, sesuai dengan prosedur berdasarkan pada periwayatan bacaan Al-Qur’an yang mutawatir, bacaan al-Qur’an riwaayat Hafsh ‘an ‘Ashim Thariq Asy-Syathibiyyah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...