The Innovation of Social Studies Journal
Vol 4, No 1 (2022): The Innovation of Social Studies Journal, Sept 2022

The Social Values of the Banjar People in Traditional Markets

M. Ridha Ilhami (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Ersis Warmansyah Abbas (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Mutiani Mutiani (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Jumriani Jumriani (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Rusmaniah Rusmaniah (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2022

Abstract

Pasar tidak hanya berperan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli serta penyaluran arus barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia (peran bidang ekonomi) tetapi juga keberadaan serta perkembangan pasar ternyata bisa berpengaruh pada bidang sosial dan budaya masyarakatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan peranan Pasar Ahad dalam bidang sosial dan budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi,wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan Pasar Ahad berperan penting bagi masyarakat Kertak Hanyar baik berperan dalam bidang sosial maupun budaya. Hal ini tergambar dari adanya interaksi dan pembauran sosial dan budaya yang terjadi di sana. Pasar Ahad menjadi pusat informasi sosial dan budaya baru bagi masyarakat, selain itu juga menjadi tempat rekreasi masyarakat terutama pada hari minggu. Pasar Ahad juga membentuk tata kelakuan yang menciptakan keharmonisan dalam hubungan sosial masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

iis

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus to provide new perspectives on the innovation of social studies in the research approach, learning media, learning resources, learning models and other related Social ...