Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN ALJABAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Putu Reynaldy Artha Nugraha (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Kadek Rahayu Puspadewi (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Kadek Adi Wibawa (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes esai dan lembar wawancara. Sebanyak 30 orang siswa kelas VII H SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar menjadi subjek penelitian ini. Metode purposive sampling digunakan untuk selanjutnya memilih 6 subjek untuk diwawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dialami oleh kelompok tinggi terbanyak terjadi pada tahap penulisan jawaban akhir, kelompok sedang terbanyak pada tahap transformasi dan keterampilan proses, sedangkan kelompok rendah pada tahap transformasi. Penyebab kesalahan yang terjadi adalah (1) kurang memahami soal dengan baik, (2) kurang hati-hati dalam membaca soal (3) kurang teliti dalam menghitung, (4) terburu-buru dalam mengerjakan soal, dan (5) kurang bisa mengelola waktu dengan baik saat mengerjakan soal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...