Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 6, No 1 (2022)

AKTIVASI DIGITAL RADIO SIARAN SEBAGAI UPAYA PERLUASAN AUDIENCE

Windri Saifudin (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Ade Kusuma (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Farikha Rachmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Era digital telah membawa perubahan besar, khususnya pada industri media. Era yang  ditandai dengan hadirnya internet sebagai perkembangan teknologi komunikasi digital yang  lebih canggih, dianggap memberi dampak pada berubahnya selera audience di industri  media konvensional. Masyarakat yang dulu mengandalkan media konvensional sebagai  medium utama mendapatkan informasi dan hiburan, kini telah bergeser pada internet.  Kondisi itu turut mempengaruhi pendapatan iklan yang terus merosot. Padahal, audience  dan iklan merupakan sumber pendapatan yang memiliki peranan vital dalam menjalankan  roda ekonomi dan bisnis pada industri media. Tantangan tersebut membawa para  pengelola industri media konvensional untuk terus berinovasi, dan mengembangkan  medianya sesuai dengan kemajuan teknologi dan tuntutan pasar atau khalayak. Penelitian  ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang memfokuskan pada industri radio siaran.  Objek penelitian ini dilakukan pada Radio Suara Surabaya dan Prima Radio Surabaya,  yang mana kedua radio tersebut merupakan radio swasta di Surabaya dengan segmentasi  dewasa. Untuk mempertahankan eksistensinya di tengah tantangan media digital berbasis  internet, kedua radio tersebut mencoba untuk mengembangkan medianya dengan melakukan  konvergensi melalui media digital berbasis internet. Hasil penelitian ini melihat bagaimana  Radio Suara Surabaya dan Prima Radio Surabaya aktif menggunakan media digital sebagai  salah satu upaya untuk beradaptasi dengan kebutuhan konvergensi media dan memperluas  pasar audience.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian di bidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas ...