Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 4b (2022): Desember

Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV SDN 2 Selebung Tahun Ajaran 2022/2023

Nana Mayani (Universitas Mataram)
A. Hari Witono (Universitas Mataram)
Asrin Asrin (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik adalah kemampuan numerasi dasar yang dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran, seperti kemampuan mengenal lambang bilangan, kemampuan menentukan nilai tempat bilangan dan kemampuan mengoperasikan operasi hitung dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan numerasi siswa kelas IV SDN 2 Selebung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di SDN 2 Selebung yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa yang berada pada level 2 ada 2 siswa, level 3 sebanyak 4 siswa dan siswa yang berada pada level 4 sebanyak 9 siswa. Sedangkan pada kemampuan operasi hitung dasar siswa yang berada pada level 2 masih kurang dalam menyelesaikan soal yang diberikan sedangkan siswa yang berada pada level 3 dan 4 rata-rata sudah mampu menyelesaikan operasi hitung dasar penjumlahan dan pengurangan, untuk operasi hitung perkalian dan pembagian ada 2 siswa yang mampu menyelesaikan soal yang diberikan. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi dasar siswa masih perlu untuk ditingkatkan, upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan tetap melaksanakan pembelajaran sesuai level, menggunakan metode pengajaran yang bervariasi dan memanfaatkan media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...