JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Persepsi Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak Saat Daring

Aprilia, Septi (Unknown)
Dayu, Dian Permatasari Kusuma (Unknown)
Fitriani, Winda Ayu Cahya (Unknown)
Imron, Fatkhul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah saat terjadi pandemi covid-19 berubah dari sistem menjadi sistem daring.  Perubahan inilah yang yang menjadikan para orang tua siap untuk bersinergi dengan sekolah saat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi orang tua terkait ada atau tidaknya kendala yang dihadapi dalam melakukan pendampingan anak saat daring selama pandemi covid-19 terjadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Instrumen penelitian ini menggunakan angket online dan disebar pada bulan april 2021. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua di Kelurahan Jebres, Surakarta. Analisis data dilakukan dengan cara diskriptif, yaitu memaparkan data setelah dikelompokkan dan menganalisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) sebanyak 73,3% orang tua mengalami kendala saat mendampingi anak belajar daring dan 26,7% orang tua tidak mengalami kendala saat mendampingi anak belajar online, 2) Faktor yang menyebabkan orang tua mengalami kendala saat mendampingi anak belajar daring antara lain faktor waktu/kesibukan orang tua 40%, faktor kesulitan mengkondisikan anak 26,67%, faktor ketidak pahaman orang tua terhadap materi yang diajarkan 13,33%, faktor lingkungan yang tidak mendukung seperti bermain handphone dan terkendala sinyal 20%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...