Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP)
Vol 3 No 3 (2022): September 2022

EFL Student's Perception On Whatsapp Use For Learning English At Junior High School

Leli Endistira (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Citra Prasiska Puspita Tohamba (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Faridawati Faridawati (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dalam menggunakan WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VII-2 di SMPN 1 Wundulako Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wundulako pada bulan Oktober 2021. Untuk menjawab pertanyaan penelitian digunakan desain penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2.  Data diperoleh dengan melakukan wawancara yang di dasarkan oleh 5 aspek yang di adaptasi oleh teori Rubin & Chisnell (2008), yaitu learnability, efficiency, memorability, error dan satisfaction. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan ke persepsi positif di aspek learnability, efficiency, memorability dan satisfaction. Sebagian besar siswa EFL merasa senang karena belajar bahasa Inggris melalui WhatsApp mudah karena dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Melalui fitur-fiturnya, WhatsApp memudahkan komunikasi dan meningkatkan interaksi dengan guru atau teman sekelas, meningkatkan sikap positif siswa, meningkatkan hasil belajar siswa di kelas, siswa menjadi lebih aktif, lebih fasih berbahasa Inggris dan dapat mengetahui kosakata bahasa Inggris baru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) merupakan jurnal publikasi berbasis online dan printed yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Kendari. Artikel yang diterima di jurnal ini adalah artikel hasil penelitian dan review artikel maupun buku. Jurnal ...