Jurnal Sinestesia
Vol. 12 No. 1 (2022)

Strategi Guru dalam Mengembangkan Literasi Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar

Mirnawati Mirnawati (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Baderiah Baderiah (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Fingki Tandi (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Salmilah Salmilah (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Firman Firman (Institut Agama Islam Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam pengembangan literasi mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SDNegeri 61 Mario. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripstif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selanjutnya, pemeriksaan keabsahan data menggunakan tringulasi dan pembahasan teman sejawat. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Ditemukan bahwa strategi guru dalam pengembangan literasi mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi adalah dengan memberikan evaluasi sesuai dengan rencana pembelajaran bahan ajar dan media belajar yang di gunakan. Sebelum membuat rencana pembelajaran, guru juga melakukan riset tentang topik-topik seperti apa yang disukai siswa selama pandemi Covid-19 dan aktivitas apa yang dapat mereka lakukan di rumah. Kegiatan selanjutnya, guru memaparkan konten pelajaran kepada siswa menggunakan e-learning dengan pengawasan orang tua dari rumah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal sinestesia publishes articles in the field of learning, education, literature, linguistics, and ...