Jurnal Sinestesia
Vol. 12 No. 2 (2022)

Kemampuan Menganalisis Paragraf dalam Kegiatan Membaca Intensif Siswa Kelas X SMK 2 Muhammadiyah Bontoala

Anzar Anzar (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurcholish Nurcholish (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Amal Akbar (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Menganalisis paragraf dalam kegiatan membaca intensif siswa kelas X SMK 2 Muhammadiyah Bontoala. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 34 siswa, sebanyak 19 siswa masuk kategori tuntas atau 62,88%, sebanyak 15 siswa masuk kategori tidak tuntas atau 37,14% karena langkah pembelajaran yang dilakukan pada siklus I belum terlaksana secara maksimal. Sehingga pada siklus II langkah pembelajaran dilaksanakan dengan baik secara keseluruhan dan pencapaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa dari 34 siswa secara individual sebanyak 19 siswa masuk kategori sangat baik atau 51,44% dan sebanyak 15 siswa masuk kategori baik atau 48,57%. Dengan demikian, proses belajar pada siklus II diakhiri karena telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X SMK 2 Muhammadiyah Bontoala dengan kemampuan menganalisis paragraf dalam kegiatan membaca intensif mengalami peningkatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal sinestesia publishes articles in the field of learning, education, literature, linguistics, and ...