Jurnal PTI (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi)
Vol. 9 (2022) No. 2

Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Andi Yurni ulfa (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Halijah (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Fauzan Akbar (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Haerul Mutiah (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Suhartini Azis (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIB MTs Sehati Ulutedong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 24 orang siswa kelas VIIB. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam peneli­ti­an ini menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang ditunjukkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian secara bersiklus maka pada siklus I hasil belajar siswa yang hasil belajarnya tuntas dari siklus I (37,5%) ke siklus II (100%) dan yang tidak tuntas menurun dari siklus I (62,5%) ke siklus II (0%) Ketuntasan hasil belajar pada siklus II mencapai 100% dan telah memenuhi nilai ketuntasan klasikal yaitu 85%.Nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada siklus I adalah 66,45 berada pada kategori rendah dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,20 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIB.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal PTI terbit dua kali setahun yaitu, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal PTI menerima dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitan dan kajian analisis dibidang Pendidikan Teknologi Informasi dan bidang-bidang yang terkait ...